Cara Menjual di Instagram pada tahun 2021: Panduan Lengkap untuk Pemula
Ada lebih dari satu miliar pengguna Instagram di dunia. 90% dari mereka mengikuti setidaknya satu bisnis di Instagram. Ini saja membuatnya bermanfaat untuk membuat profil bisnis Anda dengan aplikasi Instagram. Tetapi tahukah Anda bahwa Anda dapat membawa bisnis Anda selangkah lebih maju dan mulai berjualan di Instagram?
Untuk mempermudah perjalanan penjualan Instagram Anda, kami telah menyiapkan panduan langkah demi langkah yang mendetail ini . Tujuan kami adalah untuk menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki saat Anda memulai proses penjualan di Instagram, jadi nyamanlah dan baca terus.
Petunjuk berguna: Tambahkan posting ini ke bilah bookmark Anda agar berguna kapan pun Anda membutuhkannya!
Cara Mengatur Akun Instagram untuk Toko Anda
Sebelum kita membahas cara menjual di Instagram, mari kita mulai dengan beberapa hal mendasar. Di sini kami menjelaskan cara mengatur profil untuk bisnis Anda, dan seluk beluk menggunakan platform untuk mempromosikan toko Anda.
Tulis biografi yang jelas
Sebelum Anda membuat postingan pertama di akun Instagram bisnis baru Anda, pastikan Anda telah membuat bio yang menarik. Ini adalah kesempatan pertama Anda untuk terhubung dengan calon pengikut, jadi sedikit pemikiran akan bermanfaat.
Beberapa rekomendasi saat menulis bio Instagram Anda:
- Cantumkan nama toko Anda
- Tambahkan deskripsi singkat tentang merek tersebut
- Pertahankan panjang antara 140-160 karakter
- Tambahkan tombol ajakan bertindak yang tertaut ke halaman arahan khusus Instagram atau toko Anda (Anda memerlukan akun bisnis untuk melakukan ini)
- Sorot informasi penting dengan emoji (nomor telepon, email, dll.)
- Tambahkan #hashtag bermerek untuk mengatur gambar dan video
Contoh template:
[Nama Toko] [Deskripsi Merek] Beri tag foto Anda dengan [#Branded Hashtag] 📧 [Email] 📞 [Nomor Telepon] [Tautan CTA]
Siapkan rencana konten
Sebelum Anda dapat menjual di Instagram, Anda perlu mencari tahu jenis konten apa yang akan Anda posting. Untuk melakukan itu, Anda memerlukan rencana konten. Ini berarti periklanan yang direncanakan sebelumnya melalui konten yang menghibur dan informatif yang akan Anda posting ke halaman Instagram Anda.
Rencana konten sangat penting karena menghemat waktu Anda dan membantu memastikan bahwa konten Anda memenuhi tujuan pemasaran Anda.
Jenis konten untuk disertakan dalam rencana Anda:
- Promosi : posting tentang produk baru, promosi, diskon, program loyalitas, dan ulasan pelanggan
- Pendidikan : kiat, peretasan hidup, kelas master, dan saran untuk penggunaan dan perawatan produk Anda
- Informatif : berita perusahaan, pencapaian, dan rencana
- Menghibur : fakta menyenangkan, referensi budaya pop, lelucon, survei, kuis, dan konten buatan pengguna.
Tingkatkan fotografi Anda
Instagram adalah media visual sepenuhnya, jadi tidak ada cara yang lebih baik untuk memamerkan barang dagangan Anda selain dengan beberapa fotografi hebat. Seorang pengguna mungkin mengikuti sebuah akun hanya karena mereka menghargai postingan grid Instagram yang menarik .
Anda lebih cenderung menjual ke pengikut yang berlangganan akun Anda karena mereka jelas menghargai kiriman Anda di umpan mereka. Jauh lebih sulit untuk menjual produk di Instagram kepada pengguna yang menemukan akun Anda untuk pertama kalinya.
Tulis keterangan yang menarik
Rahasia penjualan Instagram adalah memiliki audiens yang terlibat. Semakin banyak pengikut berinteraksi dengan postingan Anda, semakin banyak Instagram yang akan mempromosikan konten Anda kepada penggunanya. Teks yang bagus menghasilkan komentar, jadi jangan pernah puas dengan teks yang membosankan.
Teks dibatasi hingga 2.200 karakter dan Anda dapat menambahkan hingga 30 tagar ke setiap kiriman. Ingatlah bahwa aplikasi Instagram memangkas pratinjau teks ke dua baris pertama, jadi penting agar salinan Anda menarik dari kata pertama.
Praktik terbaik untuk teks Instagram:
Format teks Anda agar postingan Anda lebih mudah dibaca. Gunakan emoji dan angka untuk menambahkan poin-poin dan paragraf baru ke teks Anda. Untuk menambahkan spasi baris ke teks Anda, tulis salinan Anda di aplikasi Catatan terlebih dahulu dan kemudian tempelkan ke kotak teks Instagram Anda.
Gunakan kata kerja tindakan seperti "ketuk", "beri tahu", "gunakan", dan "bagikan", untuk secara aktif mempromosikan keterlibatan.
Sajikan informasi terpenting terlebih dahulu kepada pembaca. Gunakan judul untuk menarik perhatian pengikut Anda segera.
Ajukan pertanyaan atau mulai diskusi dengan audiens Anda untuk membuat mereka bermain-main dengan konten Anda (ingat, interaksi konten = keterlibatan = penjualan!).
Gunakan tag lokasi dan hashtag untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke halaman Anda.
Atur profil Anda
Semakin aktif Anda di Instagram, semakin sulit pengikut Anda menemukan informasi yang mungkin mereka perlukan untuk membeli item Anda. Bantu mereka menemukan apa yang mereka cari dengan tip berikut:
Tambahkan judul pendek ke gambar Anda. Contoh: "Pengiriman", "Hadiah", "Cara menggunakan X".
Buat hashtag pendek untuk setiap jenis posting yang Anda publikasikan secara teratur: dari pendatang baru, lifehacks, backstage, dll. Misalnya, #storenameratislava atau #storename_products.
Gunakan fitur Sorotan di bagian atas laman Anda untuk berbagi informasi penting seperti pengiriman, harga, ulasan pelanggan, kontak, dan penawaran khusus.
Mulailah mengembangkan audiens Anda
Hal yang hebat tentang Instagram adalah Anda dapat meningkatkan jumlah pengikut Anda tanpa mengeluarkan uang sepeser pun! Ini semua tentang mengarahkan lalu lintas ke posting Anda. Beberapa cara mudah untuk melakukannya meliputi:
- menambahkan kata kunci ke nama pengguna dan bio Anda
- menggunakan hashtag dan geotag
- berpartisipasi dalam berbagai tantangan
- mengomentari profil populer
- mengadakan kontes atau giveaway
- membuat postingan menarik yang mencapai bagian postingan teratas di aplikasi.
Sekarang setelah kita membahas dasar-dasarnya, mari jelajahi cara menjual langsung di Instagram.
FAQ: Bagaimana Cara Mulai Menjual di Instagram?
Pertama, mari kita jawab beberapa pertanyaan umum tentang memulai toko Instagram.
Apakah Anda memerlukan izin usaha untuk menjual di Instagram?
Apakah legal menjual di Instagram? Bertanya kepada pemilik usaha kecil ingin tahu! Singkatnya, ya, Anda bisa menjual di aplikasi. Namun, Anda perlu mengingat beberapa hal.
Untuk menjual di Instagram, akun profesional Anda harus mengikuti persyaratan berikut:
- Patuhi kebijakan Instagram
- Mewakili bisnis Anda dan domain Anda
- Berada di pasar yang didukung
- Tunjukkan kepercayaan
- Berikan informasi yang akurat.
Memiliki lisensi bisnis pasti membantu menunjukkan kepercayaan, meskipun tidak tercantum dalam persyaratan platform.
Memperoleh lisensi untuk penjualan online tergantung pada lokasi Anda, produk yang Anda jual, dan kebutuhan bisnis Anda. Ingatlah bahwa negara yang berbeda memiliki undang-undang yang berbeda tentang izin usaha. Pastikan Anda tahu mana yang cocok untuk Anda.
Berapa banyak pengikut yang Anda butuhkan untuk menjual di Instagram?
Tidak ada minimum pengikut untuk berjualan di Instagram. Satu-satunya fitur yang memiliki follower minimum adalah fungsi "Swipe Up" di Stories: untuk dapat menambahkan link ke Stories Anda, Anda harus memiliki setidaknya 10.000 pengikut atau profil (centang biru) yang terverifikasi.
Tapi tidak masalah! Karena Anda bisa sukses menjual melalui Instagram dan mempromosikan toko Anda dengan ribuan pengikut atau kurang.
Apakah Anda memerlukan situs web untuk berjualan di Instagram?
Secara teknis, Anda tidak memerlukan situs web untuk menjual di Instagram. Anda bisa mendapatkan pengikut dan mempromosikan produk Anda hanya melalui posting dan cerita. Namun, memiliki situs web membantu.
Mengapa? Nah, untuk pemula, Instagram tidak memiliki built-in e-commerce yang memungkinkan penjual untuk menerima pembayaran dan pesanan proses melalui aplikasi. Jika Anda tidak menggunakan platform e-commerce yang terintegrasi dengan Instagram seperti Ecwid E-commerce, Anda harus menemukan cara untuk mengelola pesanan dan mengumpulkan pembayaran Anda sendiri.
Bagaimana cara menjual langsung di Instagram?
Tentu, mendapatkan akun Instagram untuk toko Anda dan mempromosikan produk Anda melalui aplikasi adalah aset besar untuk bisnis Anda. Tetapi Anda mungkin bertanya-tanya: bisakah saya menjual langsung di Instagram? Jawabannya iya!
Anda dapat mengaktifkan Belanja Instagram untuk toko Anda agar pelanggan dapat membeli dari toko Anda langsung melalui aplikasi. Kenyamanan ini sangat berharga! Untuk pembeli, tidak ada yang mengalahkan kemampuan untuk membeli barang dengan satu ketukan.
Anda mungkin menemukan nama lain untuk fitur ini seperti "Pos yang Dapat Dibeli", atau "Pemberian Tag Produk". Semua nama itu merujuk ke Belanja Instagram.
Berapa biaya untuk menjual di Instagram?
Anda bisa berjualan di Instagram secara gratis. Perlu diingat, bahwa untuk menggunakan fitur Instagram Shopping, Anda memerlukan toko online. Anda bisa mendapatkannya dengan mendaftar di platform e-niaga pilihan Anda (paket harga dapat bervariasi).
Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat, Anda mungkin ingin mengiklankan produk Anda secara online dengan Iklan Instagram. Tetapi ini bukan persyaratan, jadi jika Anda hanya ingin memposting dan mempromosikan produk Anda, menggunakan Instagram itu gratis.
Apakah lebih baik menjual di Etsy atau Instagram?
Jika Anda menjual produk buatan tangan, Anda mungkin bertanya-tanya: “Bisakah saya menjual di Instagram? Atau haruskah saya tetap berpegang pada Etsy? ” Yang terakhir adalah pasar populer untuk semua barang buatan tangan dan vintage, sehingga banyak DIYers lebih memilih Etsy sebagai saluran penjualan, meskipun platform hosting melibatkan biaya tertentu.
Jika Anda ingin menghindari pembayaran pesanan dan biaya transaksi, Anda dapat menjual di Instagram dengan Ecwid. Ini gratis untuk digunakan dengan Instagram, dan Ecwid tidak mengambil biaya pedagang. Plus, dengan Ecwid, Anda menggunakan satu toko online yang dapat diintegrasikan dengan alat penjual di Facebook, Amazon, eBay, dan saluran lainnya.
Cara Memberi Tag Produk di Instagram
Mari cari tahu lebih lanjut tentang fitur Belanja Instagram yang memungkinkan pelanggan Anda membeli dari Anda dengan aplikasi.
Apa itu Shoppable Instagram?
Dengan Shoppable Posts, Anda dapat menandai produk Anda dalam gambar dan cerita. Kiriman ini ditandai dengan ikon tas belanja kecil di pojok kiri bawah dan label harga di atas benda tersebut.
Saat pengguna mengklik tag, mereka akan melihat deskripsi produk dan harganya. Pengguna dapat mengetuk "Belanja Sekarang" untuk melihat nama item, harga, deskripsi, lebih banyak foto, dan tautan langsung ke halaman produk etalase Anda untuk membeli produk. Untuk menyelesaikan pembelian mereka, pengguna dapat berbelanja di toko Anda tanpa harus meninggalkan aplikasi Instagram.
Setelah Anda mempublikasikan 9 kiriman yang dapat dibeli, halaman bisnis Anda diisi dengan tab Toko, untuk membantu mengatur dan mempromosikan kiriman dengan item yang dapat dibeli dengan tag. Ini berarti lebih banyak eksposur potensial untuk Anda!
Jika Anda menggunakan Ecwid E-commerce, berikut ini cara mengatur belanja di Instagram untuk toko Ecwid Anda.
Bagaimana cara mendapatkan persetujuan untuk berbelanja di Instagram?
Jika Anda ingin mendapatkan persetujuan untuk berbelanja di Instagram, Anda memerlukan toko online. Posting yang dapat dibeli hanya tersedia untuk pengguna yang memiliki platform e-commerce yang terintegrasi dengan Instagram.
Pertimbangkan Ecwid E-commerce, opsi cepat dan ramah pengguna dengan rencana awal gratis. Dengan Ecwid, Anda dapat membuat toko online dan menghubungkannya ke Instagram dalam waktu kurang dari satu jam.
Bagaimana cara membuat Instagram Dapat Dibelanja? Persyaratan:
- Miliki toko online
- Menjual produk fisik yang sesuai dengan kebijakan perdagangan Facebook dan perjanjian pedagang
- Temukan bisnis Anda di salah satu negara yang didukung Instagram
- Miliki profil bisnis Instagram
- Hubungkan akun bisnis Instagram Anda ke halaman Facebook
- Perbarui aplikasi Instagram Anda ke versi terbaru.
Tips untuk mempersiapkan akun bisnis Anda untuk ditinjau:
- Tambahkan detail variabel seperti alamat bisnis, telepon kontak, dan email menggunakan tombol CTA di bawah bio
- Tetapkan kategori yang tepat ke halaman Facebook yang terhubung dengan akun Instagram Anda
- Gunakan logo toko Anda di gambar profil
- Publikasikan konten khusus merek dan posting secara konsisten
- Tambahkan lebih banyak produk ke katalog Anda
- Pertimbangkan menyiapkan Manajer Bisnis Facebook untuk bisnis Anda.
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan persetujuan berbelanja di Instagram?
Tim Instagram meninjau akun bisnis sebelum disetujui untuk Belanja Instagram.
Persetujuan untuk berbelanja melalui aplikasi Instagram dapat berlangsung dari beberapa jam hingga beberapa minggu.
Anda akan diberi tahu oleh aplikasi Instagram ketika akun Anda disetujui. Setelah itu Anda akan dapat menandai produk di posting Anda. Jika Anda menjalankan toko Ecwid, Anda dapat memeriksa status persetujuan Anda dari panel Kontrol Anda → Saluran lain → Jual di Instagram:
Cara mengaktifkan tag produk di Instagram
Setelah akun Anda disetujui untuk Belanja Instagram, berikut ini cara mengaktifkan penandaan produk untuk profil Anda:
- Buka opsi profil bisnis Anda, lalu buka Pengaturan.
- Tap Bisnis.
- Tap Belanja.
- Tap Lanjutkan.
- Pilih katalog produk untuk dihubungkan ke akun profesional Anda.
- Tap Selesai.
Jika Anda tidak melihat bagian Belanja di Pengaturan akun Anda, profil Anda mungkin masih dalam peninjauan, atau belum disetujui untuk Belanja Instagram.
Bagaimana Anda Menjual di Instagram melalui DM?
Seperti yang kami katakan, Anda tidak dapat mengaktifkan Belanja Instagram jika Anda tidak memiliki situs web. Jadi, jika Anda masih ingin menerima pesanan dari pelanggan di aplikasi, Anda dapat melakukannya secara manual melalui Pesan Langsung (DM).
Berikut cara berjualan di Instagram melalui DM:
Posting gambar dengan produk Anda di umpan Instagram Anda (anggap akun Anda sebagai katalog produk digital).
Minta pengikut untuk menghubungi Anda melalui DM untuk informasi tentang metode pembayaran.
Salah satu cara untuk menerima pembayaran tanpa toko online adalah dengan PayPal. Berikut cara menjual di Instagram menggunakan PayPal:
Pelanggan menghubungi Anda melalui DM untuk memesan produk.
Anda memberikan alamat email PayPal Anda kepada pelanggan. Atau, Anda dapat meminta alamat email PayPal mereka dan mengirimkan faktur PayPal kepada mereka.
Setelah menerima pembayaran, Anda memperbarui setiap pelanggan secara manual tentang status pesanan.
Menjual di Instagram DM tanpa situs web melibatkan banyak pekerjaan manual. Ini mungkin mencegah Anda menghabiskan waktu mengembangkan aspek lain dari bisnis Anda. Itu sebabnya banyak merchant lebih suka berjualan langsung di Instagram dengan tag produk. Ini tidak hanya lebih nyaman bagi penjual dan pembeli, tetapi juga dapat membantu meningkatkan penjualan. Misalnya, Julia Rose Boston, pengecer tas tangan mewah dan aksesori, meningkatkan pendapatan 43% setelah dia mengaktifkan Belanja Instagram melalui Ecwid E-commerce.
Tips Menggunakan Instagram for Business
Beberapa petunjuk dan trik untuk menggunakan Instagram untuk bisnis dan mengubah profil Anda menjadi saluran penjualan yang hebat.
Dapatkan akun bisnis
Profil bisnis hadir dengan beberapa manfaat untuk berjualan di Instagram. Ini memungkinkan Anda untuk menampilkan detail seperti alamat bisnis dan info kontak Anda, serta tombol ajakan bertindak di bawah bio Anda.
Ini juga dilengkapi dengan bagian "Wawasan" yang berguna tempat Anda dapat melihat data tentang tayangan, jangkauan, klik situs web, dan aktivitas pengikut.
Dengan profil bisnis, Anda dapat mempromosikan posting Anda dalam aplikasi hanya dengan mengklik tombol Promosikan di bawah setiap posting. Posting yang dipromosikan memiliki tombol ajakan bertindak yang dibuat oleh Instagram dengan tautan yang dapat diklik.
Jalankan iklan di Instagram
Promosi berbayar memungkinkan Anda mencapai tujuan lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan organik. Ada beberapa jenis iklan belanja Instagram:
- Iklan cerita
- Iklan foto
- Iklan video
- Iklan carousel
- Iklan koleksi
- Iklan di bagian Jelajahi.
Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut tentang beriklan di Instagram.
Jadwalkan posting Anda
Aplikasi penjadwalan (seperti Nanti, HootSuite, atau Buffer) adalah penghemat waktu untuk membuat rencana konten yang sesuai untuk Anda dan tim Anda.
Tambahkan link ke Stories
Saat Anda mendapatkan + 10k pengikut, Anda dapat menggunakan opsi "geser ke atas" untuk Cerita Instagram reguler Anda yang akan mengarahkan pemirsa ke URL. Itu memungkinkan Anda menjual produk di Instagram langsung dari Story - cukup tambahkan tautan ke halaman produk ke sana.
Manfaatkan minat dengan tautan ke bio Anda
Mudah untuk menjual di aplikasi Instagram dengan Shoppable Posts, tetapi terkadang pelanggan ingin mempelajari lebih lanjut tentang sebuah perusahaan sebelum mereka melakukan pembelian. Gunakan bio Anda untuk mengarahkan mereka ke sumber daya tambahan, seperti blog atau situs web Anda.
Meskipun Anda tidak dapat menyertakan lebih dari satu tautan di bio Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi Linktree untuk membuat halaman tambahan dengan banyak tautan. Cukup bagikan tautan ke halaman Linktree Anda di bio Anda, dan ketika pengikut mengkliknya, mereka akan melihat halaman arahan dengan semua tautan yang Anda tambahkan.
Gunakan hashtag
Hashtag adalah sebuah kata atau sekelompok kata yang mengikuti tanda #. Misalnya, #SkincareTips atau #giveaway. Mereka adalah kata kunci dan frase kata kunci yang dapat dicari yang mengelompokkan konten berdasarkan topik.
Hashtag Instagram adalah alat penemuan hebat untuk membantu Anda menjangkau audiens baru dan relevan. Beberapa praktik terbaik saat menggunakan hashtag:
- Gunakan hashtag yang relevan dengan niche dan topik Anda. Tidak perlu menjejalkan 30 tag yang tidak relevan ke dalam satu postingan. Sebaliknya, pilih hashtag yang paling menonjolkan konten gambar dan keterangan.
- Gunakan alat seperti Hashtracking atau Hashtagify.me untuk memantau hashtag populer dan melacak keberhasilan berbagai hashtag yang Anda gunakan.
- Buat hashtag bermerek sederhana untuk mengatur konten buatan pengguna dan mempromosikan bisnis Anda di halaman lain.
- Pelajari influencer di niche Anda untuk mempelajari hashtag mana yang sering mereka gunakan. Tagar serupa juga dapat digunakan untuk merek Anda!
Gunakan berbagai jenis konten
Jangan mengabaikan kemungkinan apa pun untuk terhubung dengan audiens Anda melalui konten Anda. Anda dapat memposting gambar, video, atau membuat Cerita dan menyimpannya ke Sorotan jika Anda ingin foto tersebut bertahan lebih dari 24 jam.
Publikasikan foto hasil seleksi dan video panggung di feed Anda. Bagikan foto kasual, pembaruan, dan kuis di Stories. Gunakan Sorotan untuk menyimpan FAQ agar pengikut Anda dapat mengakses dengan mudah. Tayangkan untuk mengumumkan peluncuran produk baru atau giveaway. Jelajahi semua cara Anda dapat membuat konten dengan Instagram dan kemudian tetap berpegang pada cara yang paling banyak melibatkan pengikut Anda.
Perhatikan keterlibatan organik
Pengikut organik adalah mereka yang Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk mendapatkannya, melainkan yang benar-benar terlibat dengan konten Anda. Misalnya, mereka menemukan Anda di penelusuran atau melihat posting ulang di halaman teman mereka dan mengikutinya kembali ke halaman Anda.
Agar berhasil menjual di Instagram secara gratis, Anda harus menjaga keterlibatan organik Anda tetap tinggi. Ini terjadi ketika pengikut banyak berinteraksi dengan konten Anda di luar kampanye iklan. Misalnya, mereka menyukai dan mengomentari postingan Anda atau bereaksi terhadap Stories Anda.
Berikut cara mengembangkan jangkauan organik Anda:
- Buat konten berkualitas tinggi yang relevan dengan audiens Anda
- Posting konten ini secara teratur
- Promosikan diskusi di bagian komentar posting Anda
- Jalankan kontes dan hadiah
- Mendorong untuk berbagi foto produk Anda dan menandai profil Anda
Bermitra dengan influencer
Nah, mikro-influencer, lebih tepatnya. Sebuah mikro-influencer adalah influencer dengan audiens yang lebih kecil (1,000-100K pengikut). Seringkali, audiens ini lebih terlibat daripada pengikut dari akun yang lebih besar. Biasanya, mikro-influencer adalah ahli di beberapa ceruk, yang berarti bahwa pengikut mereka lebih mempercayai pendapat mereka. Sebagai bonus untuk Anda, biaya bekerja dengan mikro-influencer lebih rendah.
Anda dapat bermitra dengan mikro-influencer untuk memberikan hadiah, membagikan ulasan tentang produk Anda, atau menerbitkan posting bersponsor.
Cara Beriklan di Instagram
Apakah layak untuk beriklan di Instagram? Jawabannya tergantung pada seberapa cepat Anda membutuhkan hasil Anda.
Anda dapat mempromosikan profil Instagram Anda secara organik, artinya Anda memperoleh audiens tanpa bantuan kampanye berbayar. Opsi ini gratis dan menunjukkan lebih banyak keterlibatan dalam jangka panjang. Jika Anda membutuhkan lebih banyak pengikut atau pesanan dalam waktu singkat, promosi berbayar mungkin bisa menjadi pilihan untuk Anda.
Instagram menawarkan format iklan berikut:
- Iklan foto. Iklan gambar statis berfungsi paling baik saat Anda ingin menutup transaksi dengan menawarkan diskon. Foto bisa dalam format persegi atau lanskap.
- Iklan video. Ini bagus untuk memperkenalkan pembeli pertama kali ke produk Anda dan fitur-fiturnya. Anda dapat membagikan video berdurasi hingga 120 detik dalam format lanskap atau persegi.
- Iklan cerita. Iklan dinamis ini membantu memperkuat keterlibatan Anda dengan pelanggan.
- Iklan carousel. Pengguna dapat menggesek untuk melihat foto atau video tambahan dalam satu iklan. Jenis iklan ini membantu menyoroti semua fitur / manfaat produk.
- Iklan koleksi. Gunakan mereka untuk menginspirasi secara visual dan membantu audiens Anda menemukan, menjelajahi, dan membeli produk. Anda bisa menggunakan video, gambar atau kombinasi keduanya.
- Iklan di Jelajahi. Pengguna pergi ke bagian Jelajahi untuk menemukan konten, menonton, dan berbelanja. Setiap tab Jelajahi pengguna menampilkan konten pilihan yang dipersonalisasi berdasarkan minat mereka.
Anda dapat menambahkan ajakan bertindak yang berbeda untuk setiap iklan. Jika Anda memamerkan fitur produk kepada audiens pertama kali , gunakan CTA seperti "Pelajari Lebih Lanjut". Jika Anda menawarkan diskon terakhir untuk menutup kesepakatan, gunakan "Belanja Sekarang" sebagai CTA Anda.
Bagaimana Anda menyiapkan iklan "Belanja Sekarang" di Instagram?
Untuk mengatur iklan dengan "Belanja Sekarang" atau CTA lainnya, Anda harus memiliki Halaman Facebook dan profil bisnis di Instagram. Setelah Anda memilikinya, Anda dapat menjalankan dan melacak iklan dalam aplikasi atau melalui Manajer Iklan.
Cara mengatur iklan Instagram Anda:
- Di dalam aplikasi: pilih postingan yang sudah Anda bagikan di Instagram dan tap "Promosikan".
- Dalam Manajer Iklan: pilih tujuan iklan, audiens target, dan format iklan Anda.
- Tentukan berapa lama iklan Anda akan berjalan dan tentukan anggaran Anda.
- Klik Publikasikan. Anda akan menerima pemberitahuan bila iklan Anda telah disetujui dan siap dijalankan.
Cara Monetisasi Instagram Anda di 2020
Instagram bukan hanya platform berbagi gambar lagi. Hari-hari ini, Anda benar-benar dapat menghasilkan uang dengan toko Instagram Anda secara online. Anda bahkan tidak perlu memiliki banyak pengikut agar Instagram berfungsi untuk Anda. Rahasianya adalah audiens yang terlibat: pengikut yang menyukai, berkomentar, dan menandai teman mereka di kiriman Anda, dan bereaksi terhadap Cerita Anda.
Berikut cara menghitung tingkat keterlibatan akun Anda: ambil jumlah total suka dan komentar Anda, bagi mereka dengan jumlah total posting Anda, bagi dengan pengikut, dan kalikan dengan 100. Tingkat keterlibatan 2-3% dianggap rata-rata, dan 4 Tingkat -6% dianggap tinggi.
Saat Anda memiliki audiens yang aktif dan aktif, Anda dapat menggunakan taktik berikut untuk memonetisasi Instagram Anda.
Buat posting bersponsor. Berkolaborasi dengan merek untuk membuat postingan yang mempromosikan produk pengiklan di halaman Anda dengan biaya tertentu.
Buat merchandise Anda untuk dijual melalui Instagram . Letakkan seni atau logo Anda di kaos, mug, poster (apa pun yang mudah dicetak) dan jual produk bermerek Anda.
Buat produk Anda sendiri dan jual . Ada berbagai macam barang untuk dijual di Instagram, mulai dari pakaian dan kosmetik hingga furnitur dan produk DIY. Pastikan untuk mengaktifkan Shoppable Posts untuk menjual langsung di Instagram.
Ajarkan apa yang Anda ketahui. Anda tidak dapat menjual layanan di Instagram dengan kiriman Shoppable, tetapi Anda dapat menggunakan platform ini untuk mempromosikan kursus yang Anda ajarkan atau panduan yang dapat diunduh. Jangan lupa untuk menambahkan email kantor atau link ke website Anda di bio Instagram Anda.
Tuan rumah hadiah atau kontes (hadiah repost, kontes pengiriman, undian, dll). Bermitra dengan influencer dan merek, atau adakan kontes sendiri.
Jual produk afiliasi. Anda tidak perlu memiliki barang sendiri untuk dijual melalui Instagram. Pikirkan tentang merek apa yang mungkin menarik bagi audiens Anda, dan hubungi perusahaan tersebut untuk memeriksa apakah mereka memiliki program afiliasi. Anda dapat menjual produk afiliasi melalui tautan khusus atau kode promo.
Ide tentang Apa yang Harus Dijual di Instagram
Kami menemukan pertanyaan yang sangat penting "apa yang harus saya jual di Instagram?" hampir sesering pertanyaan "bagaimana cara menjual di Instagram?" pertanyaan. Mari jelajahi produk mana yang memiliki potensi penjualan paling banyak di platform.
Pasar terbesar Instagram meliputi kecantikan, kesehatan dan kebugaran, perjalanan, mode, gaya hidup, bisnis, dan hewan. Jadi Anda tidak bisa salah memilih produk yang cocok dengan salah satu pasar ini.
Berikut beberapa ide produk untuk dijual di Instagram:
Produk kecantikan dan perawatan kulit. Bagikan tips perawatan kulit dan riasan yang berguna agar audiens Anda tetap terlibat.
Baju dan sepatu. Instagram adalah tempat yang tepat untuk menarik pelanggan dengan lookbook yang cantik. Bertujuan untuk mode berkelanjutan untuk tetap mengikuti tren.
Produk ramah lingkungan untuk rumah. Pembeli menjadi lebih sadar lingkungan, tetapi mereka tetap ingin rumahnya nyaman. Pikirkan produk seperti tas yang dapat digunakan kembali, keset dari bahan daur ulang, pembersih alami, dan lebih banyak barang untuk dijual di IG.
Aksesoris dan perhiasan. Pembeli sering menjelajahi Instagram untuk mencari inspirasi gaya pribadi mereka dan produk ini mungkin membantu mereka menemukan bagian yang hilang itu.
Makanan dan minuman. #foodporn adalah salah satu tagar terpopuler di aplikasi. Ambil beberapa foto makanan buatan rumah yang menggiurkan dan Anda siap menjualnya di Instagram.
Apakah Anda Menjual di Instagram?
Apakah Anda punya saran lain tentang cara menjual di Instagram? Jangan malu, bagikan ilmumu di kolom komentar di bawah!
Baca juga :
- Produk apa yang laku di Instagram? 10 Produk Tren di Instagram
0 Komentar