Panduan Lengkap Anda untuk Menjual Produk Secara Online

Cara Menjual Secara Online: Panduan Lengkap Anda untuk Menjual Produk Secara Online [Diperbarui untuk 2021]

Bagaimana Menjual Produk Secara Online

Semua yang perlu Anda ketahui tentang memulai toko online.

Panduan Lengkap Anda untuk Menjual Produk Secara Online


1. Putuskan produk apa yang akan dijual

Langkah pertama Anda adalah memutuskan produk atau layanan mana yang akan ditawarkan. Produk Anda dapat berkisar dari produk unik yang Anda buat hingga item bersumber dari vendor pihak ketiga atau pengirim barang. Untuk membantu Anda memilih produk yang tepat untuk toko online Anda, baca panduan komprehensif kami tentang memilih produk untuk dijual secara online.


2. Identifikasi pasar sasaran Anda

Meneliti dan mengidentifikasi target pasar dan persaingan Anda akan sangat membantu dalam menentukan harga produk, desain dan branding situs web, dan membangun strategi pemasaran awal Anda. Ini dapat memberikan wawasan untuk menampilkan manfaat produk Anda kepada calon pelanggan.


3. Pilih platform e-niaga all-in-one

Memilih platform e-niaga yang tepat sama pentingnya dengan produk yang Anda jual. Pastikan Anda memilih solusi lengkap yang dihosting sepenuhnya yang memungkinkan Anda memiliki situs web e-niaga dan perangkat lunak keranjang belanja. Dengan cara ini, Anda tidak memerlukan keahlian coding atau harus membayar biaya transaksi untuk penjualan. Anda juga memiliki akses ke tim dukungan untuk membantu Anda menyiapkan toko Anda.


4. Bangun toko online And

Pilih tema e-niaga atau desain khusus yang sesuai dengan merek Anda. Siapkan kategori produk dan unggah inventaris Anda dengan informasi sebanyak mungkin. Siapkan metode pengiriman dan gateway pembayaran.


Buat halaman "Tentang Kami" dan "Hubungi Kami" untuk menceritakan kisah Anda. Sekali lagi, jika Anda menggunakan platform all-in-one yang dihosting, ini sudah termasuk. Sekarang Anda siap menjual produk secara online.


5. Iklankan dan pasarkan toko web Anda

Setelah toko e-niaga Anda aktif dan berjalan, langkah Anda selanjutnya adalah mulai terhubung ke calon pelanggan. Keuntungan lain dari platform e-niaga all-in-one adalah alat SEO bawaan yang memungkinkan Anda mengoptimalkan situs Anda untuk mesin pencari dan pengguna. Terhubung dengan pelanggan Anda di media sosial dan beriklan melalui iklan PPC dan mesin belanja. Untuk membantu Anda memaksimalkan pendapatan dan meningkatkan konversi, lihat panduan konversi e - niaga.

Baca juga :

Cara Menjual di Instagram pada tahun 2021: Panduan Lengkap untuk Pemula

- Produk apa yang laku di Instagram? 10 Produk Tren di Instagram

- Jasa membuat toko instagram dan penandaan produk Anda

Menurut penelitian global , penjualan ritel dari situs web eCommerce akan berjumlah $ 2,3 triliun pada tahun 2020. Bila Anda mempertimbangkan pendapatan diharapkan menunjukkan tingkat pertumbuhan tahunan (CAGR 2020-2024) sebesar 7,8%, menghasilkan volume pasar sebesar US $ 3,1 triliun di 2024 , tidak ada waktu yang lebih baik daripada sekarang untuk mulai menjual produk di toko online Anda sendiri.


Persaingan online semakin ketat setiap hari. Itu sebabnya banyak orang tidak pernah repot-repot mengejar toko atau bisnis eCommerce. Meskipun persaingan ketat, Anda masih bisa mendapatkan bagian Anda. Itu terletak pada strategi yang Anda gunakan untuk memilih apa yang akan dijual secara online.


Sesi seluler menyumbang 39,6% dari semua penjualan ritel di situs eCommerce. Pada 2021, diperkirakan akan mencapai 53,9%.


Karena ada potensi besar bagi pelanggan Anda untuk berbelanja saat dalam perjalanan, Anda perlu bersiap. Opsi ramah seluler memungkinkan pembayaran seluler, yang sangat penting untuk kesuksesan Anda, meskipun itu berarti menggunakan layanan pihak ketiga.


Dalam panduan definitif ini, Anda akan mempelajari semua yang perlu Anda ketahui agar berhasil menjual produk secara online. Tidak ada yang lebih penting dari produk yang Anda pilih untuk dijual.


Nama perusahaan Anda, tema yang Anda gunakan saat membangun toko, dan elemen lain, seperti opsi pengiriman, mungkin berdampak. Tapi mereka tidak akan mempengaruhi penjualan sekuat produk yang Anda jual.


Dalam artikel ini, kami akan membahas semuanya mulai dari apa yang dijual secara online hingga cara menjual secara online .


Kami akan membahas pembangunan toko online Anda, termasuk opsi eCommerce yang dihosting, solusi eCommerce lainnya , pemasaran dan inventaris digital, dan hal penting lainnya yang perlu Anda ketahui. Meskipun Anda belum pernah memiliki toko fisik, Anda dapat mulai menjual produk secara online untuk mendapatkan keuntungan dengan panduan ini.


Menemukan Produk Untuk Dijual Secara Online

Memilih produk yang tepat untuk dijual secara online jauh dari mempelajari teknik dirgantara, atau yang Anda sebut ilmu roket. Namun, tugas ini akan membutuhkan sedikit darah, kerja keras, dan air mata.


Anda menginginkan 'produk panas' yang akan dijual secara online secepat video viral mendapatkan daya tarik di YouTube, bukan? Lalu, perhatikan.


Panduan ekstensif ini akan menjelaskan strategi paling kuat yang akan membantu Anda memilih produk pertama dan mulai menjualnya secara online. Kemungkinan Anda pernah mendengar tentang Alibaba - supermarket online yang penuh dengan wawasan dan inspirasi. BAIK. Bagaimana dengan mesin belanja perbandingan, seperti NexTag atau Pronto?


Contoh produk yang tidak biasa dan hal-hal yang harus diperhatikan juga disertakan dalam artikel untuk menunjukkan kepada Anda seberapa kreatif (dan licik!) Seseorang saat membeli dan menjual produk secara online.


Ada banyak sekali hal yang bisa Anda jual secara online . Dan jika Anda tidak meluangkan waktu untuk meneliti opsi sebelumnya, Anda akan gagal.


Anda bisa menjual komoditas atau barang yang dibutuhkan semua orang. Atau, Anda dapat menjual produk khusus secara online - produk yang hanya memiliki audiens tertentu.


Toko e-niaga seperti Amazon menjual komoditas. Etsy berfokus pada barang-barang unik buatan tangan, satu-satunya. Ini adalah produk khusus.


Merek Anda dapat menjual kombinasi keduanya jika Anda merencanakannya dan memasarkannya dengan benar. Jika Anda hanya menjual komoditas yang dapat Anda temukan di pasar besar, Anda akan kesulitan mendapatkan daya tarik. Anda tidak akan bisa bersaing dalam hal harga, karena raksasa eCommerce dapat membeli barang dalam jumlah banyak.


Menghasilkan produk unik Anda sendiri bisa jadi sulit. Itu tidak berarti Anda tidak dapat menemukan produk orang lain untuk dijual.


Produk apa yang harus Anda mulai jual:


Cari produk (atau buat produk) yang memecahkan masalah. Tidak harus produk baru; Ini bisa menjadi peningkatan fitur pada produk yang sudah ada. Di sisi lain, luncurkan produk secara online hanya jika Anda yakin produk tersebut akan memungkinkan orang untuk menikmati kesenangan yang bersalah.

Jika Anda tidak dapat melakukannya, temukan produk yang Anda sukai. Ambil contoh, kisah Highway Robery . Ini diluncurkan setelah dua teman menemukan sepasang jubah di pos terdepan saat berlibur, dan menemukan mereka tidak ingin melepasnya.


Mereka pulang dan mulai menjual produk secara online karena mereka sangat tertarik dengan pengalaman mereka.


Cari produk dengan potensi branding. Ini berarti Anda akan fokus untuk membuat merek yang diingat dan disukai orang. Branding membutuhkan waktu untuk benar-benar mengenal audiens target Anda. Persona pembeli memungkinkan Anda membuat gambaran tentang siapa pembeli ideal Anda, sehingga Anda tahu cara menyusun segalanya untuk mereka.

Dapatkan tren lebih awal dan luncurkan toko Anda sebelum menggila. Ini mungkin strategi penjualan online paling efektif. Ada risiko yang terlibat di sini, tetapi itu bisa membuahkan hasil. Pengaturan waktu itu penting. Jika Anda datang lebih awal, mungkin tidak langsung lepas landas. Tapi, jika Anda sudah terlihat dan menjual produk secara online ketika sesuatu menjadi tren, Anda jauh di depan orang-orang yang menunggu untuk datang ke permainan begitu sesuatu sudah menjadi tren.

Anda dapat menjual produk fisik atau digital Anda secara online melalui toko bermerek Anda sendiri, atau di Amazon, eBay, saluran media sosial, email, Google shopping, Craigslist, situs afiliasi, dan banyak lagi. Memulai toko bermerek online lebih mudah dari sebelumnya karena ada layanan yang dihosting untuk menangani hal-hal seperti sertifikat SSL, pemrosesan kartu kredit, kepatuhan PCI, dan keranjang belanja Anda.

Jelajahi juga : jasa instagram shopping

Anda dapat memilih dari sejumlah gateway pembayaran. Banyak dari mereka juga menyediakan alat bisnis, alat SEO untuk membantu toko eCommerce Anda tampil lebih tinggi di mesin pencari, dan semua yang Anda butuhkan untuk membuat desain situs web Anda terlihat profesional.


Setiap layanan yang dihosting juga menawarkan blog eCommerce dengan informasi untuk membantu pemilik bisnis menjual secara online dengan sukses. Anda akan menemukan kisah sukses , dan sumber daya lain untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.


Menjual Produk Secara Online

Hingga Juli 2018, jumlah pengguna internet telah mencapai 4,1 miliar . Dan lebih dari setengah (52,1%) dari mereka diharapkan berbelanja online pada tahun 2021.


Bisakah Anda bayangkan itu? Hanya dalam beberapa tahun, satu dari dua pengguna, menekan tombol daya di laptop mereka, akan memesan sesuatu secara online. Menyiapkan situs web eCommerce untuk menjual produk secara online mungkin bukan ide terburuk.


Pertanyaannya adalah bagaimana Anda dapat melakukannya secara efektif ketika semua orang dan ibu mereka telah bergabung dengan 'klub penjual Dallas'. Pisahkan kekhawatiran. Kami punya beberapa petunjuk tentang teknik penjualan, psikologi pembeli, pasar sasaran, dan strategi penetapan harga.


Dan topik yang paling menarik untuk dibahas: berapa biaya untuk menjual produk secara online jika Anda membuat toko online, mulai berjualan secara online dengan Amazon , eBay, Pinterest, pasar lain, dan media sosial.


Menjual produk berarti Anda telah meluangkan waktu untuk melakukan riset pasar. Jika Anda tidak tahu kepada siapa Anda menjual, tidak masalah apa yang Anda jual .


Saat Anda tahu kepada siapa Anda menjual dan apa yang Anda jual, Anda perlu mencari tahu platform eCommerce tempat Anda ingin menjual. Anda dapat mulai berjualan online di situs eCommerce Anda sendiri atau menggunakan pasar online lain seperti Amazon dan eBay untuk membantu Anda juga.


Anda bahkan dapat melewatkan rasa sakit memulai bisnis online Anda sendiri dan sebagai gantinya membeli bisnis yang sudah menguntungkan di Flippa, pasar online terbesar untuk membeli dan menjual bisnis online , termasuk (tetapi tidak terbatas pada!) Amazon FBA, etalase eBay, dan banyak lagi.


Berhasil menjual produk secara online berarti Anda fokus menemukan produk yang melayani pasar sasaran. Ini berarti meneliti pembeli ideal Anda dan menyusun segala sesuatu tentang strategi Anda seputar siapa mereka. Ini berarti membuat strategi yang akan membantu Anda menjangkau calon pelanggan, tetapi menjaga segala sesuatunya tetap fleksibel untuk membuat perubahan sesuai kebutuhan.


Menjual Produk Secara Online Dengan Amazon

Menjual di Amazon adalah cara terbaik untuk memulai.

Mengapa? Amazon adalah toko online terpopuler di Amerika Serikat , dengan pendapatan bersih 3,5 miliar dolar AS, per kuartal pertama 2019 . Dengan popularitas seperti itu, toko eCommerce Anda dapat memulai dengan audiens yang sudah berinvestasi dan siap untuk membeli.


Jadi dari mana sebaiknya Anda mulai? Pertama-tama, pilih produk yang akan Anda jual secara online dengan Amazon. Sekadar memberi gambaran kasar, Anda bisa menjual hampir semua hal (dari casing ponsel hingga oven Belanda!) Kecuali barang-barang terlarang.


Setelah Anda mengetahui apa yang akan Anda jual secara online , Anda akan memilih rencana. Anda dapat membayar $ 39,99 / bulan untuk menjual produk dalam jumlah tak terbatas secara online, atau membayar $ 0,99 untuk setiap item yang Anda jual.


Jika Anda baru memulai, mungkin ide yang bagus untuk menggunakan rencana individu. Dengan pilihan ini, Anda hanya akan membayar biaya transaksi saat melakukan penjualan, yang dapat membebaskan anggaran Anda untuk hal-hal lain. Jika tidak, Anda membayar biaya tetap terlepas dari apa yang Anda jual. Jika Anda tidak berharap untuk menjual 40 item, Anda akan membuang-buang uang.


Yang juga Anda butuhkan adalah membeli GTIN, EAN, atau UPC untuk listing Amazon Anda, tergantung pada negara tempat Anda tinggal. Ini adalah persyaratan baru untuk penjual online, dan Anda tidak dapat membuat halaman produk baru tanpanya.


Gunakan teknik Amazon SEO untuk meningkatkan visibilitas produk Anda. Amazon adalah mesin pencari seperti Google atau Bing, dan dengan kata kunci yang tepat, Anda dapat mengarahkan lalu lintas ke produk Anda dengan mudah. Setelah terdaftar, orang tidak hanya dapat menemukan produk Anda, tetapi mereka akan dapat menemukannya dengan cepat dan mudah dengan kata kunci yang tepat. 


Cara efektif lain untuk mendorong audiens target Anda membeli item Anda adalah dengan meluncurkan Amazon Ads. Ini adalah cara yang bagus untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke cantuman Anda, dan mudah untuk memulainya.


Ini adalah cara yang sepenuhnya legal untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke cantuman Anda.


Mencari lebih banyak peretasan untuk memulai pertumbuhan Amazon Anda? Kupon yang Didukung Vendor (VPC) adalah tempat yang tepat untuk memulai. VPC adalah alat pemasaran berbayar yang dapat meningkatkan penjualan Anda, terutama jika Anda berada dalam kategori produk khusus yang kompetitif.


Contoh bagus lainnya: Ulasan produk positif. Testimonial adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan peringkat Anda di Amazon.


Ingin lebih banyak tip? Berikut adalah beberapa trik yang tidak terlalu kotor untuk menjual produk Anda secara online dengan Amazon dengan lebih efisien. 


(Dalam panduan ini dari Seller Labs , Anda akan menemukan cara yang tidak mengganggu dan legal untuk meningkatkan umpan balik penjual Anda di Amazon.)


Menjual Secara Online Dengan eBay

eBay mengatakan pembeli melakukan lebih dari 250 juta pencarian setiap hari . Itu berarti 3.000 pencarian per detik!


Pembeli Anda juga ada di sana. Mereka hanya butuh bantuan untuk menemukan Anda. Dan jika Anda pikir Anda hanya akan menjangkau pembeli di negara Anda, Anda salah. eBay juga mengatakan sekitar 20% penjualan lintas batas, sehingga orang berbelanja secara global untuk apa yang mereka inginkan dan butuhkan.


Sekadar memastikan Anda mengetahuinya, eBay adalah platform lelang untuk membeli dan menjual produk secara online. Itulah yang membedakannya dari Amazon, Etsy, dan pasar lain di luar sana. Pengecer menyukai lelang karena penetapan harga dinamis, memungkinkan mereka menjual produk dan layanan secara online dengan harga lebih tinggi. Statistik menunjukkan bahwa sekitar 50% dari lelang eBay menghasilkan harga jual yang lebih tinggi daripada harga "beli sekarang".


Tentu saja, Anda harus membayar satu atau dua sen kepada pendiri eBay untuk dapat beriklan di pasar mereka dan menjual produk Anda secara online kepada audiens mereka.


Berapa harganya? Sebenarnya, ada empat - biaya penyisipan agar produk Anda terdaftar, biaya nilai akhir, biaya peningkatan daftar lanjutan, dan biaya layanan tambahan.


Jika Anda masih belum yakin apa yang bisa Anda jual di eBay, lihat saja daftar barang terlaris di eBay.

Menjual di eBay itu sederhana. Ambil beberapa gambar produk Anda. Buat daftar menggunakan format penjualan online yang menurut Anda terbaik untuk Anda. Kemudian, arahkan lalu lintas ke daftar Anda. Saat barang terjual, kirimkan, atau kirimkan melalui email. Anda bisa mendapatkan diskon pengiriman untuk setiap pesanan produk fisik dan label cetak dengan eBay. Lalu, dapatkan bayaran.


Catatan singkat tentang foto produk Anda : foto harus bagus. Karena orang tidak dapat menyentuh atau merasakan produk Anda secara online seperti yang mereka bisa lakukan di toko fisik Anda, gambar Anda harus menarik. Anda tidak perlu menyewa fotografer profesional jika Anda memiliki anggaran terbatas. Tetapi Anda perlu melakukan lebih banyak upaya daripada mengambil foto cepat dengan ponsel cerdas Anda.


Beli beberapa lampu studio dan latar belakang putih. Pencahayaan membuat atau menghancurkan foto Anda. Perhatikan bayangan dan suar. Ini membuat foto Anda tetap bersih. Ambil foto dari berbagai sudut untuk memberikan tampilan sebanyak yang Anda bisa. Jika memungkinkan, ambil beberapa bidikan gaya hidup, serahkan produk ke tangan orang yang menggunakannya. Jika ada detail unik, ambil foto dari semua sudut, lalu buat slideshow berputar 3D untuk digunakan pelanggan Anda.


Saat membuat daftar barang Anda, Anda perlu menjelaskan apa yang Anda jual. Gunakan kata kunci jika memungkinkan untuk membantu meningkatkan visibilitas dalam pencarian. Anda dapat memilih antara format daftar lelang dan format "beli sekarang".


Selanjutnya, pilih opsi pengiriman Anda dan Anda siap untuk mendaftar. eBay memiliki alat yang membantu Anda menghitung ongkos kirim, menambahkan informasi pelacakan, dan membuat serta membayar label Anda. Ini membuat menjalankan toko eBay Anda lebih mudah.


Menjual Produk Secara Online Dengan Etsy

Jika Anda seorang perajin, Etsy bisa menjadi platform yang luar biasa.


Berbeda dengan Amazon dan eBay, Etsy hanya mengizinkan Anda menjual barang buatan tangan, barang antik, dan perlengkapan kerajinan. Menjual kembali barang yang tidak Anda buat tidak diperbolehkan di platform Etsy itu sendiri. Perlengkapan kerajinan tangan dapat berupa buatan tangan, vintage, atau komersial. Tetapi mereka harus memiliki tujuan utama kerajinan.


Panduan ini penuh dengan tip dan wawasan berguna yang akan membantu Anda menyempurnakan daftar dan mengembangkan bisnis eCommerce Anda dengan bantuan Etsy. Anda akan menemukan daftar barang terlaris di eBay, seperti perhiasan atau stiker. Anda akan memiliki visi yang jelas tentang apa yang TIDAK boleh dicantumkan dalam keadaan apa pun, bagaimana Anda dapat mengambil gambar produk yang mengagumkan, berapa banyak item yang dapat dijual secara online dengan Etsy, dan cara membuat deskripsi produk yang menarik.

0 Komentar