11 Langkah Menjadi YouTuber Sukses

11 Langkah Menjadi YouTuber Sukses

11 Langkah Menjadi YouTuber Sukses


Tampaknya ada konsensus bahwa memulai saluran YouTube tidak lagi 'sepadan' karena fakta bahwa semua jutawan telah lahir dari platform tersebut. Ya, memang benar bahwa Anda memiliki peluang yang lebih baik untuk membuat "ambilan" terjadi daripada menjadi sensasi YouTube dalam semalam, tetapi itu tidak berarti Anda tidak dapat menikmati kue dan memakannya juga. 

Keberhasilan influencer YouTube di masa lalu telah membuat pemasar mengubah cara mereka menjangkau audiens mereka, jadi sebenarnya impian yang sangat relevan untuk dimiliki untuk saluran Anda sendiri. Platform video telah merajut dirinya sendiri ke dalam lipatan pemasaran banyak bisnis atau siapa pun yang benar-benar ingin berbagi suara dengan dunia.


belajar jadi youtuber


Berikut adalah 11 langkah yang perlu Anda ambil untuk menjadi YouTuber yang sukses:


  1. Tentukan apa arti sukses bagi Anda dan ingatlah itu 
  2. Kembangkan tujuan dan konten saluran Anda
  3. Petakan
  4. Pastikan halaman saluran Anda menyambut baik
  5. Perhatikan SEO Anda
  6. Bersikaplah konsisten. Bersikaplah konsisten
  7. Langsung ke intinya
  8. Ikuti terus minat Anda
  9. Kelola komunitas Anda seperti bos
  10. Sebarkan beritanya dengan situs web pembunu
  11. Belajar dari analitik Anda

01. Jelaskan apa arti sukses bagi Anda dan ingatlah itu

Banyak yang mendefinisikan kesuksesan secara moneter, tetapi ada lebih dari sekadar uang di bank. Jika Anda menghasilkan banyak uang dengan melakukan pekerjaan yang Anda benci, apakah Anda akan menganggap diri Anda sukses meskipun Anda tidak puas? Sukses datang dalam berbagai bentuk, dan terserah Anda untuk menentukan di mana Anda menganggap diri Anda sukses. 

Jika Anda mendefinisikan kesuksesan di luar greenback untuk saluran YouTube Anda, ingatlah untuk itulah Anda ada di dalamnya. Baik itu jumlah penayangan yang lebih tinggi untuk video Anda, lebih banyak pelanggan, atau monetisasi untuk saluran YouTube Anda , pertahankan ini sebagai fokus Anda, hal lain hanyalah bonus.

02. Kembangkan tujuan dan konten saluran Anda

YouTube adalah video. Ada banyak konten bagus, dan banyak konten mengerikan di luar sana. Saat Anda membuat saluran YouTube , perlu diingat bahwa mengembangkan konten itu menyenangkan, tetapi juga merupakan pekerjaan. Di sini, Anda menentukan suara saluran Anda dan konten Anda harus selaras dengannya. 

Meskipun hanya Anda dan kamera Anda, Anda sedang membangun kepribadian merek Anda. Cara termudah untuk mengembangkan saluran Anda adalah menjadi diri Anda sendiri. Tetapi bagaimana jika Anda tidak terlalu menarik meskipun konten yang Anda produksi? Nah, maka tidak ada salahnya menjadi sedikit “ekstra” untuk menambah semangat pada video Anda. (Baca: sedikit - Anda mencari semangat, tidak menjengkelkan. Juga, selalu pertimbangkan audiens Anda.)

Anda harus memutuskan jenis konten apa yang akan Anda tawarkan di saluran Anda. Kisarannya sangat besar, mulai dari video panduan, humor, hingga ulasan. Setelah Anda memilihnya, mundurlah untuk melihat bagaimana Anda dapat membuat video menjadi unik menggunakan kepribadian merek Anda. Bergantung pada konten dan ceruk saluran Anda, Anda ingin memastikan bahwa Anda memberikan diri Anda ruang gerak untuk membahas topik yang sedang tren di industri Anda. 

Jika beberapa berita besar muncul atau ada subjek yang Anda ketahui sedang dibicarakan oleh orang lain dengan saluran serupa, jangan ragu untuk ikut serta. Penting untuk tetap relevan. Bahkan jika Anda membahas topik yang sama dengan orang lain, ini memberi Anda kesempatan untuk menambahkan masukan berharga Anda tentang suatu subjek. 


03. Petakan


Sekarang dengan jenis konten Anda aman, buat rencana tentang bagaimana Anda tidak hanya akan menjalankan pembuatannya, tetapi semua yang ada dalam usaha ini. Pikirkan ini sebagai semacam rencana bisnis dan kembali ke sana sesekali untuk memastikan Anda mematuhi standar yang Anda tetapkan untuk diri sendiri. 

Anda juga dapat memperlakukan bagian ini sebagai daftar periksa dari hal-hal yang Anda perlukan dalam pembuatan saluran YouTube Anda, termasuk setiap dan semua peralatan yang Anda perlukan untuk menghasilkan video berkualitas. 

Ini juga saat yang tepat untuk mencari tahu siapa lagi yang akan terlibat dengan saluran Anda, jika ada. Intinya, buat garis waktu yang realistis untuk jadwal posting Anda, kumpulkan topik untuk konten Anda, dan pastikan Anda mengikuti garis waktu ini secara konsisten sepanjang perjalanan Anda.

04. Pastikan laman saluran Anda menyambut

Anda tahu apa yang tidak lucu? Profil YouTube yang tidak lengkap. Jika Anda mencoba membuat YouTube "terjadi" untuk Anda, pastikan untuk memperhatikan p dan q Anda. Karena medianya adalah visual, presentasi adalah kuncinya. Foto profil atau logo Anda harus disetel di tempat yang benar dan gambar spanduk saluran Anda harus memiliki dimensi yang benar. 

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah gaya gambar mini video Anda. Apakah mereka memiliki gaya visual sendiri yang akan terus Anda tiru? Untuk memastikan semua elemen Anda ada di tempatnya dan ukurannya benar, lihat panduan ukuran media sosial utama kami . Sama-sama.


05. Jaga SEO Anda

Menyiapkan SEO dengan benar untuk video YouTube Anda sangat penting. Karena Anda meluangkan waktu untuk memproduksi video, jangan mulai malas sekarang. YouTube adalah mesin telusur yang sangat canggih, dan orang sering menggunakannya untuk menemukan konten baru. Artinya, dengan memilih kata kunci yang tepat, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk ditemukan, dilihat, dan dinikmati. 

Jika ada video yang mirip dengan video yang ingin Anda buat, lihat kata-kata yang Anda ketikkan untuk hasilnya. Kemudian cobalah sedikit variasi untuk melihat bagaimana hasil berubah sehingga Anda dapat melihat apa yang bisa dihasilkan oleh satu atau dua kata perbedaan. Teliti kata kunci yang ingin Anda gunakan, popularitasnya, dan kata kunci yang digunakan pesaing Anda.


06. Bersikaplah konsisten. Bersikaplah konsisten

Tidak peduli berapa banyak artikel tentang sukses di YouTube yang Anda baca, Anda akan selalu menemukan artikel ini. Anda harus konsisten untuk melihat kesuksesan apa pun. Itu atau lindungi taruhan Anda pada kesuksesan viral instan. Jangan salah paham, itu akan keren, tetapi rute viral tidak dijamin sedikit pun. Apa pun jenis konten yang Anda produksi, tetap konsisten dengan waktu dan jenis Anda. Tetapkan jadwal kapan Anda akan merilis video dan cobalah untuk mematuhinya. 

Merilis video secara konsisten pada hari dan waktu yang sama tidak hanya memberi tahu pemirsa kapan mereka dapat mengharapkan konten baru Anda, tetapi juga memberi Anda jadwal untuk bekerja dan mematuhinya. Konsistensi bukan hanya tentang waktu. Ini tentang memastikan konten yang stabil dan sesuai merek.


Katakanlah Anda mengikuti saluran membuat kue di YouTube dan itu adalah sumber utama Anda untuk semua hal memanggang, tetapi episode terbaru, tanpa penjelasan, adalah tentang perjalanan mereka ke reli truk monster. (Benarkah?) Kontras yang mencolok dalam konten, terutama tanpa peringatan, sangat mencolok dan akan membuat penonton setia Anda bingung. Jika Anda ingin bereksperimen dengan konten Anda, sebaiknya beri tahu audiens Anda terlebih dahulu ..


07. Langsung ke intinya

Anda tahu apa yang sama sekali tidak perlu untuk video YouTube? Penjelasan lima menit untuk sesuatu yang Anda dapat (dan berniat untuk) tunjukkan kepada pemirsa Anda yang hanya membutuhkan waktu 30 detik. Kedengarannya lucu jika diucapkan seperti itu, bukan? Sayangnya, ini sangat umum. Maaf, tetapi orang-orang tidak punya waktu untuk Anda buang-buang waktu, jadi lakukan saja. Jika Anda merilis video panduan, Anda harus menyampaikan maksud Anda secepat mungkin. 

Jelaskan apa isi video itu dan kemudian selami. Inti dari video adalah untuk "menunjukkan" sesuatu kepada pemirsa Anda (Jika mereka hanya ingin mendengarkan, mereka akan mendengarkan podcast.) Tentu saja, akan ada contoh di mana elaborasi lebih lanjut atau pemecahan masalah mungkin perlu disebutkan, tetapi simpan itu untuk nanti di video. Penonton Anda akan berterima kasih.


08. Ikuti terus ceruk pasar Anda

Saat mempresentasikan (merekam) kepada audiens Anda, Anda ingin dilihat sebagai orang yang memiliki pengetahuan tentang industri Anda. Ini memerlukan tetap mengikuti berita tentang niche Anda dan video Anda membuat rekan-rekan. Mengikuti berita dan kejadian di industri Anda (termasuk pesaing Anda) memungkinkan Anda membuat konten yang relevan dan segar untuk pemirsa Anda. Dengan menonton video kompetisi Anda, Anda dapat melihat poin dan opini yang mereka buat sebelum Anda membuat video sendiri. 

Memungkinkan Anda untuk menindaklanjuti dengan argumen balasan Anda sendiri (jika Anda hidup untuk drama) atau putaran Anda sendiri untuk membuatnya tetap unik. Ini juga akan membantu menjadikan diri Anda sebagai saluran "masuk" untuk seseorang yang ingin tetap up-to-date dengan subjek tertentu.


09. Kelola komunitas Anda seperti seorang bos

Jika Anda mengukur kesuksesan dengan jumlah pelanggan, pelanggan Anda pada dasarnya adalah emas, jadi pastikan untuk memperlakukan mereka seperti itu. Ini lebih dari sekadar menjawab dan menyukai komentar mereka. Manajemen komunitas bisa menjadi pekerjaannya sendiri. 

Cara yang bagus untuk terlibat langsung dengan komunitas Anda adalah dengan mengadakan streaming langsung YouTube. Video langsung menjadi semakin populer, karena memungkinkan Anda untuk berinteraksi langsung dengan pemirsa Anda dan menunjukkan presentasi yang lebih jujur. Platform ini juga bagus untuk mengadakan Tanya Jawab sehingga audiens Anda bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan menarik mereka saat itu juga. Anda juga dapat membaliknya dan meminta pemirsa Anda untuk meninggalkan pertanyaan di komentar yang kemudian dapat Anda jawab selama sesi. 

Ini mungkin artikel tentang YouTube, tetapi Anda juga harus terlibat dengan komunitas Anda di jejaring sosial lain. Plus, ini cara yang bagus untuk memanfaatkan berbagai platform dan memanfaatkan audiens baru. Hadir secara sosial di berbagai jaringan menunjukkan bahwa Anda siap sedia dan berkomitmen pada komunitas Anda.

Beberapa cara untuk mengembangkan komunitas Anda meliputi:

Selalu pastikan untuk menautkan dari satu jejaring sosial ke jejaring sosial lainnya. Sebuah benar ditempatkan CTA di video Anda dapat membantu Anda mencapai tindakan ini.

Saat merilis video baru, umumkan di semua saluran Anda yang lain. Plus: jangan lupa menambahkan link ke video terbaru Anda.

  • Buat blog agar komunitas Anda tetap tertarik.
  • Mulailah forum agar percakapan terus mengalir.
  • Kirim buletin menggunakan Pemasaran Email Wix untuk mempromosikan blog, pengumuman, atau pembaruan mingguan Anda.


10. Sebarkan beritanya dengan situs web pembunuh

Saat konten utama Anda dibuat untuk YouTube, sulit untuk memberikan tempat lain pada merek Anda. Tentu, Anda dapat membagikan video Anda di jejaring sosial lain, dan Anda harus melakukannya, tetapi situs web video yang menakjubkan harus menjadi saluran YouTube Anda yang jauh dari rumah. Keuntungan besar dari situs web video adalah Anda adalah pemilik semua yang ada di situs web Anda. Pada dasarnya, Anda tidak terbatas pada apa yang ditawarkan platform media sosial. 

Oleh karena itu, situs Anda memiliki semua manfaat YouTube tanpa batasan apa pun. Dengan Wix Video, Anda dapat dengan mudah menyinkronkan saluran YouTube ke situs Anda, memungkinkan integrasi yang lancar dari video Anda ke situs web Anda. Artinya, lebih banyak penayangan video Anda langsung dari situs Anda. Dari situs Anda, Anda memiliki opsi untuk menjual video, menyewanya, atau bahkan menyiapkan paket langganan bulanan. Yang terbaik dari semuanya, semuanya gratis.


11. Belajar dari analitik Anda

Bahkan yang terbaik pun bisa melakukannya dengan lebih baik. YouTube menawarkan bagian analitik khusus untuk saluran Anda sehingga Anda dapat melihat bagaimana kinerja video Anda. Analytics akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan wawasan tentang orang-orang yang menonton video Anda, yang memungkinkan Anda untuk mengasah demografis target Anda lebih jauh. 

Ini juga akan memberi Anda gagasan yang lebih baik tentang mengapa satu video mungkin berkinerja lebih baik daripada yang lain. Pada dasarnya, ini adalah alat hebat yang harus Anda manfaatkan untuk saluran pemula Anda.

Baca juga : 

10 Contoh Isi Tulisan Plakat Ucapan Terima kasih

Cara Menjual Produk di Instagram 2021: Panduan Lengkap untuk Pemula IG Shop

Hadiah Tamu Pernikahan Unik Berdasarkan Jenis

0 Komentar