5 Cara Mengoptimalkan Tag / Judul / Deskripsi YouTube untuk Tampilan Lebih Banyak

Membuat konten video yang mengagumkan hanyalah rintangan pertama yang harus diatasi. Membuat orang-orang memperhatikan mereka adalah langkah berikutnya, dan hambatan yang jauh lebih besar di jalan Anda. Sama seperti seorang blogger harus bekerja keras untuk membuat orang membaca blog mereka, demikian pula seorang YouTuber perlu menemukan cara untuk mendapatkan penayangan di video mereka.

Untuk setiap konten di internet, kemudahan untuk ditemukan adalah kunci untuk eksposur. Lagi pula, tidak ada yang akan menonton video Anda atau membaca blog Anda jika mereka tidak dapat menemukannya, bukan? Seorang blogger akan melakukan ini dengan mengikat konten mereka dengan SEO - optimisasi mesin pencari. Tapi bagaimana seorang YouTuber bisa melakukan hal yang sama? Jawabannya ada pada sesuatu yang dikenal sebagai pengoptimalan tag YouTube. Pada artikel ini, kami akan memberi tahu Anda cara mengoptimalkan tag YouTube dengan mudah untuk lebih banyak tampilan, dan beberapa tip tentang judul dan deskripsi.


Sebelum memulai, saya ingin merekomendasikan perangkat lunak pengeditan video terbaik untuk YouTuber - Wondershare Filmora , yang mudah digunakan sementara editor video yang kuat yang memungkinkan Anda tidak hanya memotong, membagi, memotong, mengubah ukuran, membalikkan video Anda, tetapi juga menawarkan banyak efek video yang dirancang khusus untuk Mode, Kecantikan, Permainan, Perjalanan, Pendidikan, dll. Periksa video untuk mengetahui fitur-fitur fantastis lainnya:


BAGIAN 1 : Apa itu tag YouTube dan mengapa tag itu sangat penting

Tag YouTube digunakan saat Anda mengupload video di YouTube. Anda perlu menentukan jenis video. Dengan kata lain, Anda perlu mendeskripsikan video Anda dengan kata kunci. Tetapi Anda mungkin berpikir tentang mengapa Anda perlu menambahkan kata-kata ini. YouTube tidak tahu tentang apa video saya? Sayangnya, YouTube tidak bisa meskipun algoritmanya jauh lebih maju dari sebelumnya.


Anda pasti tahu persaingan antar video sangat sengit karena 500 jam video per menit diunggah di YouTube . Dalam kasus ini, penting untuk memberi tahu algoritme YouTube pada video Anda dengan menambahkan tag terkait untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi. Jadi semakin baik tag yang kita pilih, semakin tinggi peluang untuk mendapat peringkat di 1 teratas, yang berarti Anda akan mendapatkan lebih banyak tampilan!


Menggunakan tag meta YouTube dengan bijak dapat memperluas jangkauan Anda dan membantu orang baru menemukan konten Anda. Namun, jangan tergoda untuk memasukkan tag yang tidak relevan hanya karena Anda tahu bahwa lalu lintasnya tinggi. Anda akan ketahuan dan dihukum sebagai hasilnya. Sama seperti yang Anda lakukan dengan deskripsi Anda, teliti kata kunci Anda, tempatkan yang paling penting terlebih dahulu dan gunakan sebanyak yang Anda bisa.


Apa tiga jenis tag YouTube?

YouTube memiliki tiga jenis tag yang berbeda dan masing-masing memiliki tujuan tertentu.

Spesifik - Jenis tag spesifik berorientasi pada kata kunci. Kata kunci ini secara khusus berkaitan dengan konten video Anda. Dalam jenis tag ini, video tertentu disorot dengan tag kata kunci. Seringkali saat mengetik kata kunci di benak Anda, YouTube menyarankan frasa dan kata kunci sesuai dengan konten video Anda. Anda dapat menerapkan saran dan juga menambahkan versi yang lebih umum atau umum dari kata kunci yang sama.


Senyawa - Tag majemuk biasanya menggunakan lebih dari dua kata. Sering kali terlihat bahwa pengguna lebih suka memberi tag pada judul lengkap video. Jika Anda menggunakan judul video Anda sebagai tag majemuk, pastikan Anda tidak menyertakan kata depan seperti atau, sebagai, dan, dll. Ini karena YouTube mengizinkan hanya 500 karakter dalam judul dan mengabaikan kata depan. Selalu disarankan untuk menggunakan semua 500 karakter yang diizinkan YouTube tanpa membuang karakter pada preposisi karena secara otomatis akan diabaikan.


Generik - Tag generik adalah tag yang mendeskripsikan keseluruhan video dalam satu atau dua kata. Tag ini digunakan di semua video Anda. Tag ini digunakan di seluruh saluran Anda untuk semua video yang Anda posting. Penting untuk memiliki tag konstan umum seperti itu.


Baca juga: 11 Langkah Menjadi YouTuber Sukses


BAGIAN 2 : Cara membuat tag YouTube dan mengoptimalkannya

Semakin relevan tag yang Anda tambahkan, semakin baik. Bagian terbaiknya adalah YouTube tidak membatasi jumlah tag tetapi menambahkan semua tidak dimungkinkan dan menambahkan sesuatu yang tidak relevan tidak masuk akal. Jadi, tag video YouTube Anda haruslah yang paling cerdas untuk lebih banyak penayangan. Penandaan berpendidikan adalah apa yang dibutuhkan.


Cara membuat tag YouTube dan mengoptimalkannya


1. Penambahan Tag Khusus Merek - Setiap bisnis ingin nama merek mereka muncul di hasil penelusuran di YouTube dan Google. Merujuk sendiri video Anda atau memberi tag nama merek Anda dalam sejumlah variasi adalah cara cerdas untuk memberi tahu orang lain tentang merek Anda.


2. Menggunakan Saran Otomatis YouTube - Mainkan dengan opsi pencarian di YouTube dan periksa saran YouTube saat Anda mencari. Cobalah untuk mengenali video umum yang muncul saat mencari sesuatu yang penting dan relevan dengan Anda. Coba cari kata kunci acak sesuai dengan pengalaman pencarian YouTube Anda.


3. Gunakan Alat Pencarian Kata Kunci YouTube - Terakhir, Anda dapat menggunakan alat saran kata kunci YouTube. Ini membantu Anda untuk mengekstrak kata kunci yang relevan dari video pesaing Anda dan membuat saran sesuai dengan istilah dasar yang Anda berikan.


4. Gunakan Tag Tertentu - Setelah menggunakan alat, Anda perlu mempersempit tag Anda secara spesifik, seperti tag "belajar memotong kertas 3D". Volume penelusuran mungkin tidak besar, tetapi jenis tag ini dapat membuat YouTube mengetahui video Anda dengan sangat baik. Cobalah!


5. Periksa Tag pesaing - Saat Anda memeriksa tag dari merek lain, tidak disarankan untuk menyalin semuanya. Yang perlu Anda lakukan adalah menemukan apa yang Anda lewatkan dan mencoba untuk menutupi area itu. Namun, hanya alat pihak ketiga yang dapat membantu Anda melakukannya. Di pasaran, VidIQ sangat digunakan. Ini memiliki versi gratis. Sebagian besar dari semua data termasuk tag dapat ditemukan untuk tampilan yang lebih tinggi.


Tips Bonus Tag YouTube

Di sini Anda dapat mempelajari beberapa tip saat mengoptimalkan tag. Anda dapat menggunakan tag tunggal dan jamak. Terkadang ingat untuk menambahkan beberapa tag yang salah eja karena pengguna cenderung salah mengetik beberapa kata, jadi lebih baik untuk menutupi tag semacam ini. Anda dapat memperoleh lebih banyak informasi tentang kata yang salah eja . Lebih banyak tip tercantum di bawah ini.


- Kembangkan apa yang Anda pelajari dalam penelitian kata kunci dan gunakan kata kunci dengan lalu lintas tinggi sebagai tag

- Gunakan tag sebanyak mungkin, tetapi tanpa menjadi spam

- Buat daftar putar terkait menggunakan tag tertentu

- Bersikaplah umum; 'besar', 'lucu', dan 'manis' boleh-boleh saja, tetapi 'enak', 'menyenangkan', dan 'indah' ​​tidak cocok untuk tag terbaik

- Tempatkan tag terpenting terlebih dahulu

- Campurkan tag kata tunggal dengan tag 'ekor panjang', misalnya 'cara'


BAGIAN 3 : Cara Memberi Tag YouTube dan Menambahkan Judul, Deskripsi

Untuk Video Baru

Cara Memberi Tag YouTube dan Menambahkan Judul, Deskripsi


  • Langkah 1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke akun YouTube Anda .
  • Langkah 2. Kemudian klik tombol Unggah yang ditemukan di sudut kanan atas jendela.
  • Langkah 3. Kemudian pilih video yang ingin Anda upload. Anda akan diminta untuk menambahkan judul, deskripsi, dan tag.
  • Langkah 4. Setelah mengupload, Anda masih dapat mengedit judul, deskripsi, dan tag YouTube.

Untuk Video yang Dipublikasikan

Ada kalanya Anda ingin mengubah judul, deskripsi, atau tag dari video yang sudah dipublikasikan. Kabar baiknya adalah YouTube memungkinkan Anda mengeditnya kembali kapan pun Anda mau.

  • Langkah 1. Masuk ke akun YouTube Anda
  • Langkah 2. Klik nama akun yang ada di pojok kanan atas layar. Kemudian Anda akan memiliki menu dropdown. Pilih Pengelola Video untuk menampilkan daftar video yang Anda unggah.
  • Langkah 3. Klik tombol Edit yang ada tepat di sebelah video yang ingin Anda ubah. Di Informasi Video, Anda sekarang dapat mengubah judul, deskripsi, atau tag apa pun. Klik tombol Simpan Perubahan setelah Anda selesai.


BAGIAN 4 : Cara Meningkatkan Judul dan Deskripsi Video YouTube

Metadata di YouTube adalah tempat pemirsa dan platform itu sendiri dapat mengetahui tentang video Anda. Ini membantu orang mencari video Anda, membantu YouTube untuk mengkategorikannya dengan benar dan, jika dilakukan dengan baik, dapat memperluas jangkauan konten Anda. Meta YouTube terdiri dari tiga bagian utama: tag, judul, dan deskripsi. Berikut cara menggunakan masing-masing dari tiga elemen ini untuk membuat metadata yang kuat untuk video Anda:


1. Judul

Judul YouTube memainkan peran besar dalam faktor peringkat untuk pencarian. Itu berarti Anda harus memikirkan apa yang paling disukai orang-orang untuk melihat video Anda akan ketik di bilah pencarian, serta kata-kata yang secara akurat menggambarkan video Anda.


Misalnya, jika Anda memiliki klip kucing Anda Fluffy sedang memanjat pohon, memanggil video Anda 'Fluffy memanjat pohon' bukanlah ide terbaik. Tidak ada yang tahu siapa Fluffy; ini bisa berupa kemoceng kelinci, anjing, anak perempuan, atau bulu Anda yang diketahui oleh semua komunitas YouTube, dan tidak ada yang akan mencarinya.


Judul yang lebih baik adalah 'kucing memanjat pohon', tetapi Anda bahkan bisa meningkatkannya. Bagaimana dengan 'kucing lucu memanjat pohon', yang akan menangkap semua orang yang mencari video kucing lucu. Atau, lebih bagus lagi, 'kucing Persia yang lucu memanjat pohon', juga menangkap orang-orang yang menyukai kucing Persia.


Anda dapat melihat bagaimana membuat judul YouTube yang keren dapat terjadi secara organik seperti ini, tetapi Anda juga perlu melakukan pekerjaan rumah. Kami telah mengumpulkan beberapa alat Kata Kunci YouTube bagi Anda untuk meningkatkan meta YouTube Anda, jadi periksa sarannya dan teruskan dari sana.


Praktik terbaik

- Riset kata kunci Anda dan sertakan kata kunci dengan lalu lintas tinggi di awal judul

- Pertahankan judul di bawah 70 karakter

- Pencitraan merek, nomor episode, dan info tidak penting lainnya harus ada di akhir judul

- Tinjau judul YouTube Anda dari waktu ke waktu dan perbarui dengan kata kunci baru saat tren penelusuran berubah

- Hindari judul clickbait atau judul yang menyesatkan karena ini akan memengaruhi waktu tampilan Anda dan selanjutnya peringkat Anda dalam penelusuran


2. Deskripsi

Deskripsi Anda adalah bagian meta YouTube yang jauh lebih panjang, jadi Anda benar-benar dapat pergi ke kota dengan kata kunci YouTube Anda di sini. Anda memiliki hingga 5.000 karakter untuk diisi, dan kami sangat menyarankan agar Anda bertujuan untuk menggunakan semuanya. Ini benar-benar kesempatan emas, tidak hanya membuat orang termotivasi untuk menonton semua video Anda, tetapi juga untuk diindeks dengan benar melalui kata kunci YouTube yang diteliti dengan baik.


Anda mungkin telah memperhatikan bahwa, pada halaman pencarian itu sendiri, hanya sebagian kecil dari deskripsi yang benar-benar muncul; 120 karakter tepatnya. Ini tidak memengaruhi pengindeksan, tetapi itu berarti Anda harus merencanakan deskripsi YouTube Anda dengan hati-hati agar benar-benar menarik orang agar mengklik hanya dari satu atau dua kalimat pertama.


Praktik terbaik

- Buat satu atau dua kalimat pertama menarik dan menawan untuk membuat orang mengklik

- Teliti kata kunci YouTube terbaik untuk digunakan untuk memastikan video Anda diindeks dengan benar

- Di akhir deskripsi YouTube Anda, sertakan ajakan bertindak untuk mengarahkan pemirsa tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya (berlangganan, mengeklik situs web, melihat produk, menonton lebih banyak video, dll.)

- Jika video Anda panjang, pertimbangkan untuk menempatkan kode waktu dalam deskripsi Anda untuk membantu pengguna melompat ke bidang minat mereka

- Tambahkan tautan ke produk yang dipamerkan, saluran sosial Anda, atau situs web sesuai keinginan

- Jangan lupa untuk menghargai musik apa pun yang Anda gunakan di sini


BAGIAN 5 : Kiat untuk Memberi Tag YouTube dan Judul Penulisan, Deskripsi

Jadi, sekarang kita telah memahami dasar-dasarnya, mari beralih ke beberapa tip teratas untuk mendapatkan metadata Anda dengan benar:


1. Jangan mengirim spam

Kata kunci yang tidak relevan tidak akan membantu Anda dalam jangka panjang. Menggunakan istilah pencarian populer seperti 'kucing lucu' padahal sebenarnya itu adalah video Anda membuka kemasan produk Anda hanya akan mengganggu pemirsa Anda. Anda akan mendapatkan lebih banyak penayangan, tetapi untuk jangka waktu yang lebih pendek, dan itu tidak hanya akan merusak peringkat Anda, tetapi juga reputasi Anda. Orang-orang yang ingin Anda tarik dengan meta YouTube Anda haruslah mereka yang benar-benar tertarik dengan video Anda, karena mereka adalah orang-orang yang akan berbagi, berkomentar, dan berinteraksi dengan Anda.


2. Jangan beri tag dalam deskripsi

YouTube telah memberi Anda tempat untuk meletakkan tag Anda, dan itu bukan di area deskripsi meta Anda. Menempatkan tag di area deskripsi dikenal sebagai penjejalan tag dan dapat menyebabkan video dihapus atau diberi sanksi.


3. Perbarui secara teratur

Meta YouTube bukanlah hal yang statis. Tren berubah, statistik penelusuran berfluktuasi, dan kebutuhan pemirsa Anda berubah seiring berjalannya waktu. Untuk alasan ini, Anda harus mengupdate meta Anda dari waktu ke waktu, setidaknya setiap enam bulan atau lebih. Teliti ulang kata kunci Anda dan optimalkan untuk istilah pencarian yang sedang tren saat ini.


Kesimpulan

Luangkan waktu untuk menyempurnakan meta Anda di YouTube dan lihat berapa banyak lagi tampilan yang bisa Anda peroleh. Beri tahu kami jika Anda memiliki tip lain untuk mengembangkan metadata yang kuat, dan bagaimana mengoptimalkan meta Anda telah berhasil untuk Anda!


0 Komentar